Selasa, 06 Agustus 2019

DIBUTUHKAN PERCAYA DIRI DALAM MEMBANGUN SEBUAH BISNIS

Pada kesempatan kali ini saya Yonatan Masclos akan mencoba membahas mengenai percaya diri, bagaimana percaya diri ini memegang peranan penting dalam sebuah kesuksesan bisnis Anda nantinya. Mungkin di mata Anda dan bahkan kita semua ini merupakan hal yang sepele, tetapi tahukah Anda bahwa kesamaan orang-orang sukses adalah kepercayaan diri mereka dalam berbisnis.

Anda bisa lihat Steve Jobs, bagaimana kepiawannya percaya diri (berani) dalam melakukan inovasi-inovasi terhadap produk yang dihadirkannya, tidak jauh juga apa yang dilakukan Mark (pendiri Facebook). Tetapi saya rasa, di atas merupakan kepercayaan diri yang memerlukan latihan atauistilahnya trial eror yang begitu banyak.

Jadi perlu namanya latihan kecil dulu, contohnya presentasi di hadapan orang banyak.
Intinya dari presentasi adalah Anda menjual ide, agar diterima oleh khalayak ramai.
Ya bagaimana Anda berhasil dalam sebuah bisnis, jika produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak tersampaikan dengan jelas saat diperkenalkan.

Saya tekankan juga bahwa percaya diri ini merupakan sifat dasar yang HARUS dikuasai jika Anda ingin sukses, jika Anda sudah bisa percaya diri maka ini bisa melipatgandakan omset bisnis Anda dan bagi Anda yang berkarir juga akan naik level yang lebih tinggi.

Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Bisnis Anda 


Bagi Anda yang masih kurang tingkat kepercayaan diri, maka perlu yang namanya latihan secara konsisten dan SABAR. Karena kebanyakan memang orang-orang sudah men-cap dirinya sendiri tidak bisa, padahal belum melakukannya sampai beres. Oleh karena itu berikut tips cara meningkatkan percaya diri secara umum, karena nantinya bisa diduplikasi untuk hal apapun, termasuk bisnis Anda.

👉 Perlu Mentor
Sering saya sampaikan betapa pentingnya seorang mentor ini, Anda memang bisa belajar secara otodidak tetapi dalam segi kecepatan hasil maka yang ada mentor lebih diunggulkan. Dengan adanya mentor Anda akan diarahkan dan dapat meminimalisir kegagalan, karena mereka yang lebih duluan terjun dapat menceritakan pengalamannya bagaimana bisa meningkatkan kepercayaan diri secara lebih.
Mentor ini bisa melalui guru pribadi ataupun instansi yang membuka jasa pelatihan agar bisa lebih percaya diri. Carilah mentor-mentor yang memang sudah terbukti kepiawannya, tidak hanya teori.

👉 Tetap Maju Walaupun Ditertawakan 
Bagian ini bisa dibilang cukup sulit, karena jatuh di awal sudah menjadi hal yang lumrah atau biasa yang mesti dilewati oleh mereka yang ingin maju dan sukses. Oleh karena itu saran saya, apapun yang terjadi dan seberat apapun itu tetaplah untuk melangkah dan disini pula peran seorang mentor diperlukan. Menyemangati dan terus memberikan motivasi agar Anda menjadi lebih baik.

👉 Konsisten dan Sabar 
Perlu saya tekankan dari awal bahwa rintangan untuk menjadi lebih percaya diri itu banyak, oleh karena siapkan mental konsisten dan sabar Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Memang sudah sifat manusia ingin serba instan hasilnya, tetapi ketahuilah dalam proses pembelajaran hal yang WAJIB adalah proses yang cuku panjang. Anda bisa memangkas sebenarnya dengan adanya mentor yang siap membimbing Anda hingga berhasil.

👉 Berdo’a
Jurus terakhir dalam meningkatkan kepercayaan diri adalah berdo’a, karena setelah semua usaha dilakukan maka hasil yang terbaik adalah menyerahkan semua itu kepada yang maha kuasa.

Kesimpulan 
Demikian beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk bisa sukses apakah itu urusan bisnis ataupun karir, jangan sampai kelemahan Anda ini menjadi faktor yang fatal mempengaruhi kemerosotan diri Anda sendiri.

Praktekkan segera tips empat di atas dan rasakan hasilnya dalam beberapa bulan kemudian.

Semoga Bermanfaat & Salam Berbagi


Baca : Peluang Bisnis

Trik Mengoptimalkan Facebook Fan Page

Facebook Fanpage merupakan fasilitas yang bisa Anda maksimalkan dalam bisnis Anda di Internet. Fanpage dapat digunakan secara gratis oleh...